Sabtu, 10 Mei 2014

Langkah Demi Langkah Bi-Pro Magazine Menuju Situs Bisnis dan Promosi Nomor Satu

Oleh: Susi S. Idris (@susIdris)

Kekuatan dan perkembangan hanya akan datang
melalui usaha dan perjuangan terus-menerus.
(Napoleon Hill, penulis buku Think and Grow Rich)

Bisnis kini menjadi salah satu bidang pekerjaan yang digeluti banyak orang di Indonesia, baik yang memiliki latar belakang pendidikan bisnis maupun orang-orang awam yang memiliki cita-cita bisa hidup lebih baik dari usaha-usaha komersial yang diciptakannya, baik dalam skala mikro maupun makro.

Sejalan dengan semakin banyaknya pelaku bisnis tersebut, kehadiran media bisnis sangat dibutuhkan sebagai sarana informasi mengenai perkembangan bisnis yang terjadi dalam lingkup nasional maupun internasional. Selain itu, media bisnis juga dapat menjadi wadah promosi untuk meningkatkan popularitas suatu usaha. Manfaat yang lebih besar dari kehadiran suatu media bisnis adalah dapat menggerakkan minat orang lain, khususnya para tunakarya, untuk menciptakan lapangan pekerjaan dengan cara berbisnis.

Tanggal 11 Desember 2013 lalu, telah hadir sebuah media bisnis dalam bentuk majalah bisnis dan promosi online yang bernama Bi-Pro Magazine. Di era digital seperti saat ini, penyebaran informasi bisnis melalui majalah online merupakan sebuah pilihan cerdas, karena lebih efektif dan efisien. Namun, di sisi lain pilihan tersebut juga penuh dengan tantangan.

Sebelum Bi-Pro Magazine hadir, di Indonesia telah ada beberapa surat kabar bisnis dalam bentuk cetak maupun online, seperti Bisnis Indonesia dan Medan Bisnis. Selain itu, di Indonesia juga banyak situs berita online yang meskipun tidak berbasis bisnis, namun tetap menyajikan informasi bisnis di salah satu rubriknya.

Dengan demikian, untuk menjadi situs bisnis dan promosi nomor satu di Indonesia, Bi-Pro Magazine perlu usaha yang lebih gigih untuk mewujudkannya.   

Berkenalan Lebih Dekat dengan Situs Bi-Pro Magazine
Nama Bi-Pro diambil dari penggalan kata “Bisnis” dan “Promosi”. Anda yang ingin berkenalan dengan Bi-Pro Magazine, silakan berkunjung ke situs resminya, yaitu www.bipro-magazine.com. Bi-Pro Magazine juga dapat diakses melalui Android dengan mendownload aplikasi BiProMagazine.comForAndroid.

Saat ini jika kita masuk ke situs resmi Bi-Pro Magazine, kita akan melihat tampilan header web (1) yang berwarna biru dengan tulisan “bi-pro magazine (Majalah Bisnis dan Promosi)” yang berwarna putih. Di samping kiri header terdapat logo Bi-Pro Magazine (2), yaitu empat buah kotak dengan dua kotak atas masing-masing berwarna merah dan hijau, sedangkan dua kotak bawah masing-masing berwarna biru dan kuning. Kotak berwarna kuning dibuat lebih kecil dari tiga kotak lainnya. Tampilan header Bi-Pro Magazine tersebut sangat elegan. Penggunaan warna yang beragam mencerminkan bahwa situs ini menghadirkan informasi yang variatif. Namun, ada yang masih kurang jika kita melihat sebuah brand, yaitu tagline atau slogan. Kehadiran tagline akan membuat Bi-Pro Magazine semakin mudah dikenali masyarakat. Selain itu, tagline juga membantu dalam upaya “memperkenalkan” keunggulan Bi-Pro Magazine dibandingkan dengan situs bisnis lainnya. 


Sebagai majalah bisnis dan promosi yang baru berusia beberapa bulan, Bi-Pro Magazine telah menghadirkan banyak artikel untuk para pembacanya. Para pembaca pun dimudahkan dalam mengakses berita yang diinginkannya, yaitu dengan melihat rubrik berita di menu bar (3). Saat ini di menu bar terdapat rubrik “bisnis”, “promosi”, “pariwisata”, “info” yang terdiri atas info produk, fashion, kuliner, budaya, dan hotel, juga ada rubrik “update” yang terdiri atas update perbankan, investasi, properti, socmed, dan hiburan. Untuk memudahkan komunikasi dengan Bi-Pro Magazine, di menu bar juga terdapat kontak Bi-Pro Magazine, berupa facebook, twitter, Google+, dan cara memasang iklan. Selain itu, di bawah header terdapat slide berita (4) yang dapat digeser ke kanan atau ke kiri. Slide tersebut menunjukkan berita-berita teraktual di Bi-Pro Magazine.


Berita-berita yang Membuat Jatuh Cinta
Berbeda dengan majalah versi cetak pada umumnya yang biasa terbit satu bulan sekali, Bi-Pro Magazine yang di-launching di salah satu mal di Pekanbaru ini, meng-update beritanya setiap hari. Hampir sama dengan surat kabar harian, namun liputan Bi-Pro Magazine lebih terencana, terarah, dan komunikatif, dengan sajian yang komprehensif mengenai bisnis dan promosi. Oleh sebab itu, setiap harinya tidak terlalu banyak informasi yang dihadirkan Bi-pro Magazine, namun di situlah letak keunggulannya. Setiap berita yang dihadirkan selalu berkualitas (tidak asal-asalan) dari segi isi maupun penyajiannya (5). Hal tersebut dapat dilihat mulai dari pemilihan judul yang menarik, isi berita yang tidak melenceng dari judul, penyampaian yang komunikatif (mengingat banyak istilah-istilah bisnis yang kurang familiar oleh masyarakat awam), memenuhi unsur 5 W + 1 H, serta penulisan berita yang memenuhi kaidah penggunaan EYD. Poin yang terakhir ini terkesan sepele, namun sesungguhnya sangat memengaruhi minat baca seseorang.


Berita atau informasi-informasi yang disajikan dalam Bi-Pro Magazine memang mampu membuat pembaca jatuh cinta dan ingin terus berkunjung ke Bi-Pro Magazine. Konten beritanya yang seringkali mengambil sisi unik dari sebuah bisnis dan promosi (6), menjadi salah satu keunggulan Bi-Pro Magazine. Hal tersebut terlihat pada gambar berikut. Siapa yang tidak tertarik untuk membaca keempat berita ini?


Namun, sebagai majalah bisnis dan promosi, Bi-Pro Magazine harus konsisten dengan tujuan kelahirannya. Karena Bi-Pro Magazine telah memilih untuk menjadi majalah bisnis dan promosi, seharusnya Bi-Pro Magazine konsisten dengan hal tersebut, yaitu dengan menyajikan berita atau artikel-artikel yang hanya berkaitan dengan bisnis dan promosi. Berita perceraian artis atau hal-hal yang berkaitan dengan gosip selebritis yang tidak ada kaitannya dengan bisnis, sebaiknya tidak dihadirkan dalam majalah ini. Mengapa? Karena hal tersebut juga sudah dilakukan oleh situs-situs berita lainnya yang jumlahnya puluhan. Selain itu, berita-berita tersebut hanya akan “mengacaukan” identitas Bi-Pro Magazine sebagai majalah bisnis dan promosi.

Memperbanyak berita-berita unik yang menambah wawasan seperti yang terdapat pada gambar (6) tersebut atau memuat berita-berita inspiratif mengenai para pebisnis Indonesia maupun dunia yang sukses, akan mengukuhkan Bi-Pro Magazine sebagai majalah bisnis yang memberikan banyak input positif kepada pembacanya.

Langkah Bi-Pro Magazine Menuju Situs Bisnis dan Promosi Nomor Satu

Kata “menuju” mengisyaratkan bahwa “telah mengarah ke suatu tempat”. Berarti ada tujuan yang hendak dicapai dan sedang diusahakan. Begitulah yang dilakukan Bi-Pro Magazine. Usaha-usaha untuk mencapai tujuan menjadi situs bisnis dan promosi nomor satu tersebut bukan hanya sebuah wacana, tetapi benar-benar tengah diperjuangkan.

Langkah demi langkah nyata yang sudah dilakukan Bi-Pro Magazine adalah: (1) menghadirkan berita-berita bisnis dan promosi yang berkualitas dari segi isi maupun penyajian, (2) membuka peluang kerja sama dengan para pelaku usaha, instansi pemerintah, dan siapa pun yang ingin berpromosi, yaitu melalui pemasangan iklan di Bi-Pro Magazine. Cukup dengan menghubungi nomor yang telah disediakan, lalu membuat kesepakatan, dalam sekejap usaha-usaha Anda akan segera tersebar ke seluruh dunia, (3) membuat akun media sosial untuk menjalin komunikasi dengan para pembaca setia Bi-Pro Magazine.

Bi-Pro Magazine memiliki media sosial berupa facebook dan twitter. Di facebook, Anda dapat bergabung dengan FP (fanpage) Bi-Pro Magazine, cukup dengan memberi like pada akun “Bi-Pro Magazine”. Begitupula pada akun twitter-nya, Anda cukup mem-follow @bipromagazine untuk mendapatkan berita terbaru seputar bisnis dan promosi.


Facebook dan twitter sebagai media sosial yang populer di Indonesia sudah dimanfaatkan oleh pengelola Bi-Pro Magazine untuk menarik pembaca atau pengunjung di situs Bi-Pro Magazine. Hal tersebut ditunjukkan dengan menautkan link berita-berita dari website Bi-Pro Magazine ke facebook Bi-Pro Magazine. Dan yang paling baru adalah mengadakan lomba karya tulis blogger se-Indonesia. Namun, hal tersebut masih bisa dimaksimalkan lagi. Misalnya dengan membuat kuis-kuis kecil seputar bisnis dan promosi di facebook atau twitter dengan mensyaratkan peserta mengajak teman-temannya untuk like atau follow akun Bi-Pro Magazine. Kuis-kuis tersebut jika diadakan secara kontinu (berkesinambungan) dapat menjadi salah satu cara untuk menarik lebih banyak lagi pembaca agar berkunjung ke situs Bi-Pro Magazine.

Langkah (4) yang juga sudah dilakukan Bi-Pro Magazine untuk menjadi majalah bisnis dan promosi nomor satu adalah dengan menjalin kerja sama dengan berbagai media, baik cetak maupun online, sehingga dimungkinkan informasi-informasi yang terdapat dalam situs Bi-Pro Magazine akan tersebar luas di media yang terkoneksi dengan Bi-Pro Magazine.

Sampai di langkah ke empat ini, pencapaian Bi-Pro Magazine sudah cukup baik. Namun, mengingat usianya yang masih sangat muda, tentu masih banyak langkah inovatif dan kreatif lainnya yang akan dibuat Bi-Pro Magazine untuk sampai pada target menjadi situs bisnis dan promosi nomor satu.

Akhirnya, kehadiran Bi-Pro Magazine sebagai majalah bisnis dan promosi sangat membantu orang-orang yang menggeluti dunia bisnis untuk mengetahui informasi-informasi penting dan teraktual yang terjadi di dunia bisnis dan promosi. Tidak hanya itu, Bi-Pro Magazine juga telah menjadi sarana edukasi penambah wawasan bagi setiap orang yang berkunjung ke website-nya. Satu klik untuk sejuta pengetahuan! 

*Blog post ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba menulis blog berhadiah jutaan rupiah yang diadakan "Bi_Pro Magazine". Info lomba klik http://www.bipro-magazine.com/2014/03/lomba-menulis-blog-berhadiah-puluhan-juta-rupiah.html


2 komentar:

  1. Salam sobat ni blog bang anjhu sudah baca artikelnya mengenai langkah demi langkah bi-pro magazine menuju situs bisnis dan promosi nomor satu
    semoga sobat bisa menang...oke...
    perbandingan artikal anda dengan artikel
    artikelprofesikesehatan.blogspot.com/2014/04/bi-pro-magazine-menuju-situs-bisnis-dan.html

    BalasHapus
  2. The Citizen titanium watch
    Titanium Technology has developed a powerful portable design titanium nipple bars for both w88 new and veteran watches. This premium babyliss nano titanium watch uses a custom stainless steel frame  Rating: 5 titanium mens wedding band · ‎6 reviews titanium watch band

    BalasHapus